Targetkan 5 Ribu Vaksin Covid-19 Tersalurkan, Dinkes Samarinda Mulai Menggelar Vaksin Massal

Samarinda, Metrokaltim.com – Ratusan vaksin covid-19 mulai disalurkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda, pada Senin (14/6). Kegiatan vaksinasi yang menyasar sejumlah kelompok diantaranya lanjut usia (lansia) berusia 60 tahun ke atas, usia pra lansia 50 tahun ke atas, kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya ini berlangsung di gedung Buddhist Centre Kaltim, Jalan D.I. Panjaitan, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda dengan dikawalTNI/Polri.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Ismed Kusasih mengatakan target vaksinasi yang disalurkan sebanyak 450 orang.

“Ini sebagai langkah awal pencanangan vaksinasi massal yang akan dilaksanakan serentak di 10 kecamatan yang ada di kota Samarinda mulai esok hari tanggal 15 Juni 2021,” ungkap Ismed.

Dia menambahkan, vaksinasi massal yang dilakukan guna mempercepat pembentukan Herd Immunity bagi masyarakat di Kota Samarinda. Dia menargetka dalam minggu ini jumlah vaksin yang tersalurkan sebanyak 5.000.

“Kota Samarinda bila dilihat dari jumlah penduduknya, dengan melakukan vaksinasi massal secara masif, maka kita akan cepat mencapai Herd Immunity. Kita juga bersyukur Kota Samarinda dari segi epidemiologi, kita tidak mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang berarti seperti daerah-daerah di pulau Jawa, khususnya pasca lebaran,” paparnya.

Dalam kegiatan vaksinasi massal ini, pemkot melibatkan perwakilan vaksinator dari seluruh puskesmas masing-masing kecamatan di kota Samarinda, ditambah dukungan tenaga medis dan vaksinator dari Polresta Samarinda dan Kodim 0901 Kota Samarinda.

Sebelumnya, dalam menindak lanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wali Kota Samarinda Andi Harun menyebut vaksinasi massal akan dilakukan di 10 Kecamatan se-Kota Samarinda.

“Ini tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden (Joko Widodo). Presiden memerintahkan kepada TNI dan Polri bersama jajaran pemerintah agar mempercepat target vaksinasi di masyarakat,” kata Andi Harun.

Jumlah stok vaksin yang dimiliki Pemkot Samarinda disebutkan, berkisar 17 ribu vaksin dengan jenis Sinovac. Ditargetkan pada vaksinasi massal dapat disalurkan sebanyak 2000-2500 vaksin.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *