Tegaskan Tak Boleh Berkerumun, Kapolresta dan Dandim Konvoi ke Pasar Balikpapan Minta Warga Segera Pulang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Aksi memecah kerumunan warga digelar TNI-Polri di Balikpapan, Senin (23/3) siang. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona lebih luas.

Diketahui, aksi ini diikuti oleh Dandim 0905 Balikpapan Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa dan Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi bersama jajarannya masing-masing. Bahkan, kegiatan ini juga diikuti Ketu Info Bencana Balikpapan Ruslan.

Pada sekira pukul 13.00 Wita, mereka berkonvoi menggunakan mobil mengitari kawasan Pasar Kelandasan di Balikpapan Kota. Menggunakan toa, mereka mengimbau agar warga tidak berlama-lama di pasar. Jika urusan berbelanja sudah selesai, warga diminta untul segera pulang ke rumahnya masing-masing. Sehingga, penyebaran wabah corona bisa dibendung.

Kombes Pol Turmudi mengatakan, aksi seperi ini akan terus dilakukan pihaknya hingga virus corona benar-benar sudah tidak ada di Balikpapan.

“Selama adanya penyebaran virus corona di Balikpapan, mulai hari ini dan Insyallah hingga beberapa hari ke depan saya beserta Pak Dandin turun terus langsung ke lapangan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat kita,” katanya kepada awak media.

“Sampai perkembangan virus corona ini sudah selesai dan sudah dianggap bukan kejadian yang luar biasa,” imbuhnya.

Sementara, Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa menambahkan, selain Pasar Kelandasan, aksi imbauan ini juga dilakukan di Pasar Baru Balikpapan. Diharapkannya, dengan adanya aksi tersebut warga bisa memahami untuk tidak berkumpul-kumpul. Sehingga, upaya meminimalisir penyebaran corona bisa terwujud.

“Sasaran untuk sosialisasi hari ini kita memberikan sosialisasi di Pasar Baru dan Pasar Klandasan. Dengan opini masyarakat cepat memahami dan tidak panik dalam menghadapi situasi ini,” ujarnya.

Dipastikannya, aksi mengimbau agar masyarakat tidak berkumpul bukan hanya di kedua pasar itu saja. Namun pihaknya juga melakukan di hampir semua wilayah di Kota Minyak.

“Untuk wilayah kampung-kampung sudah dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas, Babinsa dengan Pak Lurah tadi, sampai dengan Pak RT sudah bergerak di lapangan,” tutupnya.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *