Ujian SD dan PAT SMP Mulai Digelar dengan Tatap Muka

Balikpapan, Metrokaltim.com – Mulai hari ini (24/5), pelaksanaan ujian Sekolah Dasar (SD) kelas 6 dan Penilaian akhir tahun (PAT) untuk Sekolah Menegah Pertama (SMP) kelas 7-8 sudah mulai berjalan melalui pembelajaran tatap muka (PTM) atau luring.

Untuk murid kelas 7-8 yang ikut ujian atau PAT berjumlah 20.184. Dari jumlah itu, 17.301 atau 86 persen ikuti daring, sisanya 2.883 atau 14 persen ikut pembelajaran secara tatap muka atau luring.

“Jadi mereka hanya ada dua saja daring murni dan luring murni, itu untuk tingkat SMP,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muhaimin ditemui saat pres rilis, Senin (24/5).

Muhaimin mengatakan, berdasarkan quesioner yang dibagikan kepada orang tua sebelum dilaksanakan sekolah tatap muka, hasilnya ada yang mengijinkan anaknya ikut sekolah tatap muka dan ada yang tetap melalui daring.

Sementara untuk sekolah yang mengikuti daring ada 36 sekolah dan yang luring ada 39 sekolah, sehingga totalnya ada 75 SMP. Sedangkan untuk kelas 6 SD yang mengikuti kegiatan ujian sekolah berjumlah 11.435 murid, dari 184 SD Negeri dan Swasta se-kota Balikpapan.

Kemudian dari 184 sekolah, ada 57 sekolah yang ikut daring murni atau 30,98 persen, yang ikut luring murni ada 64 sekolah atau 34,78 persen. Sisanya 63 sekolah campuran, melaksanakan daring dan luring.

“Jadi ini rata semua 30,98 persen itu daring murni, 34,78 persen luring murni dan 34,24 persen adalah campuran,” ujar Muhaimin.

Dijelaskannya, bahwa ini bisa dikatakan sebagai embrio untuk melaksanakan tatap muka di bulan Juni mendatang. Dan ketika tanggal 24-31 tidak ada kendala, berarti ini sudah bisa melaksanakan keseluruhan di kota Balikpapan. Apalagi sudah disampaikan kepala dinas kesehatan, bahwa seluruh wilayah Balikpapan zona hijau, kecuali satu oranye di Kelurahan Manggar Baru.

“Ditambah lagi dari 10.104 guru di tingkat Paud, SD, SMP, SMA/SMK yang sudah divaksin berjumlah 8.440, berarti sudah 80 persen. Insyaallah aman,” akunya.

Bahkan pihak sekolah sendiri sudah memiliki tim gugus sekolah, serta punya enam daftar periksa seperti memiliki hand sanitizer, thermogan, tempat cuci tangan, toilet yang higienis, dekat dengan fasilitas kesehatan dan sekolah juga memiliki tracing baik dari gurunya maupun muridnya.

“Untuk orang tua yang memilih Luring/PTM agar memastikan protokol kesehatan yang ketat sesuai SOP yang disampaikan pihak sekolah,” paparnya.

Adapun untuk pengumuman kelulusan SD pada 15 Juni dan SMP 4 Juli untuk pengumnan kenaikkan kelas. Untuk siswa kelas 1-5 penilaian akhir tahun berlangsung pada 2 Juni mendatang.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *