Upaya Tunjang IKN Nusantara, Pemkot Usulkan Kecamatan Palaran Jadi Kota Satelit

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Wali Kota Samarinda, Andi Harun menegaskan jika Kota Tepian tengah bersiap melakukan percepatan pembangunan sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Bahkan diakui Andi Harun jika pemerintah pusat melalui Bapenas mendadak melakukan kunjungan untuk membahas instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait paradigma pembangunan IKN. 

“Jadi diharapkan dengan daerah-daerah penyangga, seperti Balikpapan, Kukar dan Samarinda, kalau bisa dimulai juga pembenahan pembangunan infrastrukturnya agar bisa mendukung kecanggihan desain arsitektur pembangunan IKN yang diprediksi akan menjadi ibu kota berkelas dunia,” jalasnya. 

Terkait paradigma pembangunan IKN, Pemkot Samarinda mengusulkan membangun kota baru yang moderen. Penentuan lokasinya pun sudah disuarakan oleh Pemkot. Yakni, Palaran.

“Kami menawarkan lah kecamatan Palaran sebagai daerah yang untuk dimulai dari nol, kota satelit atau kota baru. karena luas kecamatan palaran kita sangat ideal untuk  membuat kota baru,” ucapnya. 

“Perencanaan ini benar-benar dari awal, semua perencanaannya dibuat menjadi moderen dan berkelanjutan. Misalnya seperti drainasenya moderen, pengaturan tata bangunan gedung dan kawasannya juga terintegrasi satu sama lain,” sambungnya. 

Bahkan, dikatakan AH sapaan akran Wali Kota Samarinda bahwa usulan tersebut disambut baik oleh pihak Bapenas. Bapenas tertarik dan bersepakat secara informal untuk menjadikan kecamatan Palaran sebagai kota baru. 

“Bahkan saya diajak dengan rombongan Bapenas ke Kolombia untuk melihat studi banding dan itu bukan usulan kita, mereka yang mengajak. Saya bilang mudah-mudahan tidak ada agenda yang penting jadi bisa ikut,” pungkasnya. (Adv)

69

Leave a Reply

Your email address will not be published.