Wali Kota Ajak Masyarakat Bangkit Melawan Covid-19, di Peringatan HKN ke-57

Balikpapan, Metrokaltim.com – Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, yang jatuh pada Jumat (12/11/2021) turut digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Upacara berlangsung di Halaman Pemkot Balikpapan. Di hari HKN ini Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud berharap, tahun ini menjadi momentum penting bagi kebangkitan sektor kesehatan khususnya di Kota Balikpapan. Apalagi diketahui, tahun 2021 merupakan tahun kedua Covid-19 masuk di Kota Minyak ini.

“Kami mampu menunjukkan perkembangan yang baik, terutama sejak kuartal ketiga. Ini tidak terlepas dari kedisiplinan kami dalam menjalankan protokol kesehatan dan menyukseskan program vaksinasi,” papar Rahmad.

Hal tersebut dapat diketahui dengan jumlah kasus Covid 19 di Kota Balikpapan sudah berada di bawah 50. Kemudian, tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid 19 di seluruh rumah sakit di Kota Balikpapan hanya 1,3 persen atau 10 pasien.

Sedangkan tingkat kesembuhan telah mencapai 95 persen. Sementara tiga fasilitas isolasi terpadu (isoter) yang disiapkan oleh Pemkot Balikpapan tak lagi dihuni. Hanya ada dua pasien yang berada di Hotel Tiga Mustika.

Cakupan vaksinasi di Kota Balikpapan tertinggi di luar Pulau Jawa yakni mencapai 91,75 persen untuk dosis pertama dan 67,62 persen dosis kedua.

“Saya mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih seluruh jajaran Forkopimda dan stackholder yang turut membantu dan menyukseskan vaksinasi di Kota Balikpapan,” bebernya.

Tak hanya itu, Rahmad juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh pihak, khususnya tenaga kesehatan yang selama ini telah berupaya dalam menangani pandemi Covid 19 khususnya di Kota Balikpapan. Mulai dari dokter, perawat, apoteker, bidan, petugas kebersihan, supir ambulans, petugas pemulasaraan jenazah, petugas pemakaman termasuk sembilan tenaga kesehatan yang telah gugur dalam menjalankan tugas.

“Mudah-mudahan kinerja dan dedikasinya yang penuh dengan risiko ini menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan ganjaran berlipat dari Allah SWT,” ucap orang nomor satu di Pemkot Balikpapan ini.

Apresiasi diberikan Wali Kota Balikpapan dalam peringatan HKN di Kota Balikpapan pada tahun ini, yang dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan strategis dalam pembangunan sektor kesehatan serta upaya promotif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Dalam peringatan tersebut, Pemkot Balikpapan menyerahkan bantuan kepada DKK Balikpapan berupa dua unit mobil ambulans PSC 119 serta satu unit mobil operasional penanganan Covid 19.

Tak hanya itu, Pemkot Balikpapan akan meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Balikpapan yang dilengkapi dengan perangkat tes PCR. “Diharapkan mampu mengakselerasi penanganan pasien suspek Covid 19, sehingga bisa diambil langkah-langkah yang cepat dan tepat,” paparnya.

Saat ini Kota Balikpapan sudah memiliki 13 laboratorium yang dilengkapi dengan alat tes PCR atau terbanyak di Provinsi Kaltim.

Rahmad mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan untuk lebih peduli terhadap pentingnya kesehatan, sebagai modal yang menunjang produktivitas serta senantiasa berupaya memperkaya informasi dan wawasan seputar kesehatan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.

Tak lupa mengingatkan seluruh masyarakat Balikpapan untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan, khususnya menjelang liburan akhir tahun guna mencegah terjadinya gelombang ketiga penularan Covid 19.

Akhir pelaksanaan upacara, Wali Kota Balikpapan menyerahkan kunci mobil secara simbolis kepada Kepala DKK Balikpapan.

(riyan)

3

Leave a Reply

Your email address will not be published.