Wali Kota Samarinda Hadiri Panen Padi Bersama di Purwobinangun, Komitmen Alokasikan Anggaran untuk Pertanian

Samarinda, Metrokaltim.com – Salah satu potensi dibidang ketahanan pangan di Kota Samarinda yang saat ini sedang menjadi fokus pemerintah kota yakni dibidang pertanian.

Hal ini terbukti dengan suksesnya panen padi yang dilakukan oleh Kelompok Tani Bina Karya yang berlokasi di Jalan Pertanian RT 16 Purwobinangun, Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan.

Kegiatan panen padi bersama pada Kamis (4/3) pagi tersebut dihadiri Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun, serta sejumlah pejabat lainnya seperti Kepala Balai Wilayah Karantina Samarinda Cahyono, Camat Sambutan beserta Lurah se-kecamatan Sambutan, dan lainnya.

Usai menghadiri panen padi bersama tersebut Andi Harun mengatakan dengan panen padi itu menjadi sebuah pertanda jika Samarinda memiliki potensi pertanian yang sangat besar.

“Ini pertanda bahwa Samarinda memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah bidang strategis ini, yang merupakan bidang ketahanan pangan dan kita berharap ke depan selain semakin meningkat, kita akan proteksi lahan-lahan pertanian kita melalui RTRW yang saat ini sedang dalam proses pembahasan,” terang Andi Harun, Kamis (4/3).

Nantinya, sambung Andi Harun dengan adanya RTRW, lahan-lahan pertanian termasuk sawah terproteksi sehingga tidak mudah diubah status lahannya. Pemkot Samarinda juga akan berusaha dari tahun ke tahun peningkatan luas lahan pertanian termasuk peningkatan luas lahan persawahan.

“Sehingga produksi hasil padi kita setiap tahun meningkat, ini sudah menjadi komitmen kita. Tapi dengan sinergi pemerintah, masyarakat dan swasta insya Allah kita akan berusaha sekuat tenaga untuk memperluas lahan persawahan kita, sehingga produksi hasil padi kita meningkat,” terangnya.

Andi Harun menyebut, pemerintah juga akan hadir membantu para petani melalui penyediaan alat pertanian, termasuk bibit dari varietas yang unggul dan berkualitas.

Bahkan dia juga telah berkomunikasi langsung dengan Dr Fauziah dari Kementan karena memang konsen di bidang pertanian khususnya penyediaan bibit varietas yang unggul. Andi Harun juga telah memberikan arahan kepada kepala Dinas Pertanian agar segera komunikasi sehingga program tersebut segara dimasukkan di program Pemerintah Kota Samarinda.

“Komitmen saya selaku Wali Kota Samarinda akan menyediakan alokasi anggaran untuk peningkatan bidang pertanian ini nanti insya Allah di anggaran perubahan tahun 2021 maupun anggaran murni tahun 2022,” tandasnya.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *