Wali Kota Samarinda Tinjau Langsung Jalan Tol Balsam Yang Diblokir Warga di Palaran

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Wali Kota Samarinda, Andi Harun merespons cepat terkait peristiwa pemblokiran jalan tol Balipapan-Samarinda yang dilakukan oleh warga pada, Jumat (4/11/2022) di Kecamatan Palaran. 

Disela-sela tinjauannya, Andi Harun mengatakan pemblokiran jalan tol tersebut dikhawatirkan menimbulkan dampak pada naiknya inflasi.

“Hari ini didampingi Kapolres dan Dandim, saya turun untuk mengantisipasi dampak pemblokiran atas penutupan jalan agar menghindari lonjakan inflasi,” katanya.

“Ternyata mereka memportal jalan itu karena menuntut pelaksanaan keputusan Mahkamah Agung (MA) untuk membayar lahan mereka yang dibangun tol,” sambungnya. 

Dari keputusan tersebut, gugatan warga diterima berupa pergantian lahan sebesar 15 ribu meter persegi atau 1,5 hektar perorangan. Total ada 118 Kepala Keluarga (KK).

“Mereka juga telah menemui kementerian dan akhirnya mengambil langkah pemblokiran jalan. Kami awalnya menduga jalan ini bagian dari tuntutan tersebut, ternyata tidak ada tuntutan antara jalan ini dengan apa yang tertera di putusan Mahkamah Agung tersebut,” jelasnya.

Ia juga mengaku pihaknya telah mengumpulkan dokumen pada saat kegiatan pembangunan dan pelebaran jalan tersebut. 

“Semua ternyata clear, sebab saat itu kesepakatan antara pemerintah yang mengibahkan tanah itu, dan mereka rela asal pemecahan dan pengurangan sartifikat biayanya ditanggung pemerintah. Itu telah kami laksanakan,” tegasnya.

Usai menemui masyarakat setempat, warga akhirnya bersedia secara mandiri membuka kembali portal tersebut. 

“Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan akhirnya masyarakat sepakat membuka pemblokiran jalan tersebut,” tandasnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.