Dalam Sebulan Pelanggar Tilang ETLE Capai Ribuan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sejak di aktifkan nya ETLE atau Elektronik Tilang perdana pada 20 April hingga bulan Mei, Satuan lalulintas Polresta Balikpapan telah mendapati ribuan pelanggaran lalulintas, baik roda empat dan roda dua.

Sebanyak 12.960 yang berhasil terjaring oleh kamera statis elektronik tilang mayoritas pelanggaran yang terekam menerobos lampu merah, sabuk pengaman dan pelanggaran helm.

Kasat lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono mengatakan, pelanggar kamera tilang mobile terdapat kurang lebih 500 pelanggaran. Meski banyak pelanggaran yang terekam kamera ETLE jumlah konfirmasi cukup tinggi lebih dari 50 persen.

” Ini menandakan bahwa sudah banyak masyarakat baliku yang mengetahui adanya tilang elektronik yang terdapat di beberapa titik lampu merah di Balikpapan,” ujar Irawan.

ETLE akan di berlakukan secara keseluruhan di Kalimantan Timur pada tanggal 2 Juni mendatang, saat ini di Polresta Balikpapan telah dilakukan pelatihan terhadap seluruh jajaran satlantas Polres dan Polresta untuk melakukan penerapan tilang elektrik.

Satuan lalulintas Polresta Balikpapan menegaskan jika para pelanggar lalulintas membandel dan tidak melakukan konfirmasi dan melakukan penyelesaian pembayaran tilang, maka konsekuensi kendaraan pelanggar akan di lakukan pemblokiran hingga tidak bisa melakukan pengurusan surat kendaraan bermotor baik terkait pajak dan STNK.

” Harus di bayarkan terlebih dahulu pelanggaran tilang yang dilakukan baru akan di buka blokir kendaraan nya,” pungkas Irawan.

(ries/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *