Rencana Pembangunan Transportasi Massal Berbasis Rel Bandara APT Pranoto Sudah Masuk Tahap Feasibility Study

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Progres pembangunan transportasi massal dari Bandara APT Pranoto menuju Stadion Gelora Kadrie Oening kini tengah dipersiapkan secara matang dan masuk tahap feasibility study atau studi kelayakan.

Hal itu disampikan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat menghadiri sidang Paripurna Peringatan HUT Samarinda ke-355 dan Pemkot ke-63 pleh DPRD Samarinda pada, Selasa (24/1/2023). 

“Ada hal yang harus disinkronisasi, mulai dari perencanaan IKN dan rencana pengembangan Bandara APT Pranoto dari Kementerian Perhubungan,” sebutnya. 


Dirinya juga mengatakan bahwa anggaran pembangunan transportasi massal yang ramah lingkungan ini sejatinya telah tersedia.

“Tahun 2023 ini, pemkot akan sinkronisasi dengan tiga perencanaan yang sama-sama memuat transportasi massal berbasis rel,” ucapnya. 

“Anggaran FS-nya sudah kita siapkan di tahun 2023 melalui Dinas Perhubungan sebagai leading sector,” sambungnya. 

Andi Harun pun menegaskan jika rencana pembangunan transportasi massal ini tidak hanya menjadi perhatian khusus Pemkot Samarinda, tapi juga menjadi perhatian oleh pemerintah pusat sebagai akses menuju IKN Nusantara dari daerah-daerah penyangga dan juga rencana pengembangan bandara oleh Kementerian Perhubungan RI.

“Dengan tiga perencanaan yang sama-sama memuat transportasi massal berbasis rel tersebut maka perlu dilakukan sinkronisasi,” pungkasnya. (Adv)

64

Leave a Reply

Your email address will not be published.