Upaya Peningkatan PAD, Pemkot Samarinda dan PT Pelindo Jalin Kerjasama di Sektor Jasa Pandu Kapal

Samarinda.Metrokaltim.com- Upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus dilakuka  oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, salah satunya dengan menjalin kerjasama di sektor jasa pandu kapal bersama PT Pelanuhan Indonesia (Pelindo) khususnya yang melintasi jambatan Achmad Amins.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan kerja sama ini merupakan langkah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samarinda yang berpotensi menghasilkan miliaran rupihan pertahunnya. Kerjasama tersebut akan menerapkan sistem bagi hasil antar kedua belah pihak yang akan dimulai pada 1 Juni 2022.

“Berapa nilai pastinya belum bisa diperkirakan sekarang, yang pasti kerja sama dulu, Nanti teknisnya akan diatur oleh Perumda Varia Niaga dan PT Pelindo. Pemkot memfasilitasi kegiatan business-to-business ini,” terang AH.

Orang nomor satu di Samarinda itu optimis dengan adanya kerja sama ini, juga membuka peluang untuk merambah ke jasa kemaritiman lainnya. Seperti pekerjaan penambatan kapal dan tata niaga pengolahan air bersih untuk kapal yang melintasi Sungai Mahakam.

Dalam kesempatan itu pula, General Manager (GM) PT Pelindo Samarinda Jusuf Yunus menyebut pihaknya terbuka dengan masuknya pemkot dalam kegiatan pemanduan kapal.

Kerena memang Jembatan Achmad Amins sendiri merupakan aset yang dikelola Pemkot Samarinda, sehingga berhak untuk memungut retribusi dari jasa pandu kapal.

“Karena business-to-business keuntungannya dibagi antara Pelindo dengan pemkot,” tandasnya.

Selain itu, PT Pelindo juga menawarkan kerja sama dalam bentuk penyertaan modal, maupun pinjaman pemanfaatan dan pengembangan Pelabuhan Samarinda di Jalan Yos Sudarso, lantaran tidak lagi berfungsi sebagai terminal multipurpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *