Sidak PJ Gubernur: Pastikan Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan

Foto: PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik Sidak Gudang Bulog di Balikpapan

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Sebuah inspeksi mendadak dilakukan oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Timur ke gudang Bulog dan pasar tradisional Klandasan guna memastikan ketersediaan beras menjelang bulan Ramadhan, pada hari Senin (26/2).

Tujuan dari sidak ini adalah untuk memastikan ketersediaan stok beras mengingat harga beras premium di pasar mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menyampaikan bahwa saat ini stok beras di gudang Bulog Balikpapan mencapai sekitar 20 ribu ton dan dipastikan akan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir Idul Fitri.

“Masyarakat diimbau untuk tidak panik menghadapi ketersediaan beras menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran,” ujarnya.

Harga beras medium saat ini dipatok sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 10.500 per kilogram dengan nilai ekonomi tambahan sekitar Rp 1000 per kilogramnya.

“Yang terpenting adalah tidak terjadi kepanikan. Bulog bertanggung jawab menjaga stabilitas harga, namun tidak hanya Bulog yang menjadi penyedia, melainkan juga melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Saat ini, kebutuhan beras di Kalimantan Timur mencapai 320 ribu ton, sementara Bulog baru mampu memenuhi sekitar 140 ribu ton atau sekitar 45 persen dari kebutuhan total.

“Kami berupaya meningkatkan produksi beras, namun sistem pertanian di Kalimantan Timur sangat bergantung pada faktor alam seperti cuaca dan ketersediaan air,” tambah Akmal Malik. (Ries).

110

Leave a Reply

Your email address will not be published.