Metro Kaltim

Konsultasi Dibuka KPU Sejak Desember, Belum ada Bakal Calon Mengirim Utusan untuk Bimtek

Balikpapan, Metrokaltim.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha mengungkapkan sejak dibukanya konsultasi untuk bakal calon perseorangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada), hingga Januari 2020 ini belum ada bakal calon yang datang untuk konsultasi. Padahal konsultasi ini sudah dibuka sejak Desember 2019 lalu.

Seharusnya bakal calon ini sudah mengirimkan LO (Liason Officer) sebagai utusan, agar segera mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) dalam pengisian dukungan bukan lagi masa konsultasi.

“Harusnya saat ini bukan konsultasi lagi, tapi sudah mengirimkan utusannya ke KPU untuk mendapat bimtek. Sebab seluruh dukungan itu pengadministrasiannya lewat aplikasi,” terang Noor Thoha.

Proses tahapan bakal calon perseorangan lebih dahulu dilakukakan karena calon perseorangan diawali dengan penyerahan dukungan. Seperti diketahui dukungan yang harus diserahkan calon yang maju perorangan tidak main-main, mencapai 39.450 dukungan.

“Saat ini harusnya sudah menyusun dukungan kalau perseorangan. Jika dukungan tidak ada, jadi masalah nanti saat masuk tahap pendaftaran bersama parpol di bulan enam atau tepatnya di bulan Juni,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada bakal calon yang berniat mencalonkan dirinya melalui jalur perseorangan agar dapat segera mengirimkan utusannya.

“Kami mohon untuk segera mengirimkan utusannya ke KPU agar bisa mendapat pembekalan. Syaratnya hanya harus ada mandat dari calonnya saja,” katanya.

Dukungan calon perseorangan dikumpulkan mulai tanggal 19 Febuari sampai 23 Februari 2020. Saat ini, masih masuk pada tahap konsultasi dan dibuka bagi seluruh masyarakat Balikpapan yang ingin mencalonkan dirinya melalui jalur independen.

“Kami persilakan serahkan data ke KPU,” tandas Noor Thoha.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *